Monday, March 1, 2021

FUNGSI DAN KEGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN/ MEDIA PENDIDIKAN SAINS

 

Fungsi dan Kegunaan media pembelajaran

 

Dua unsur yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar yaitu metode dan media. kedua hal ini sangat berkaitan satu sama lain titik pemilihan suatu metode akan menentukan media pembelajaran yang akan dipergunakan dalam pembelajaran tersebut titik dalam proses belajar mengajar titik media memiliki kontribusi dan meningkatkan mutu kualitas pembelajaran titik kehadiran media tidak saja membantu pendidik dalam menyampaikan materi ajarnya tetapi memberikan nilai tambah pada kegiatan pembelajaran.

Fungsi dari Media Pendidikan

            Fungsi dari Media Pendidikan Sains ialah

a.       Mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para siswa.

b.      Memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa dengan lingkungannya.

c.       Menanamkan konsep dasar yang benar, konkret, dan realistis.

d.      Membangkitkan keinginan dan minat baru.

e.       Membangkitkan motivasi dan merangsang anak untuk belajar.

f.        Memberikan pengalaman yang menyeluruh dari yang konkret ke abstrak.

g.      Menghasilkan keseragaman pengamatan.

h.      Atensi, fungsi inti dari media yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada materi pelajaran yang ditampilkan.

i.        Afektif, fungsi yang dilihat dari tingkat kenyamanan siswa ketika belajar atau membaca teks yang bergambar.

j.        Kognitif, merupakan fungsi dari media pembelajaran yang terlihat dari tampilannya. Tampilan materi tersebut memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi materi pembelajaran.

k.      Kompensatoris, berfungsi untuk mengakomodasikan siswa yang lemah atau lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau secara verbal.

 

Pada hakekatnya proses belajar mengajar adalah proses komunikasi .kegiatan pengajaran di kelas merupakan suatu dunia komunikasi tersendiri tempat pengajar dan siswa bertukar pikiran untuk mengembangkan ide dan pengertian. Dengan demikian secara umum pembelajaran memiliki fungsi sebagai berikut:

1.      Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalitas atau dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan

 

2.      Mengatasi keterbatasan ruang waktu dan daya Indra misalnya;

a.       Objek yang terlalu besar, bisa digantikan dengan realita gambar film bingkai film dan model.

b.      Objek yang terlalu kecil dapat dibantu dengan proyektor mikro, film bingkai, film, dan gambar.

c.       Gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat, dapat dibantu dengan timelapse atau high speed photography.

d.      kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa lalu bisa ditampilkan kembali lewat rekaman film video film bingkai foto maupun secara verbal.

3. Sebagai media pendidikan yang tepat dan bervariasi sehingga dapat mengatasi sifat pasif anak didik

4.Menumbuhkan sifat yang unik pada setiap siswa, ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda titik sedangkan kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa. Maka pengajar akan banyak mengalami kesulitan bilamana semua itu harus dilakukan dan diatasi.

            Proses - proses belajar akan lebih menyenangkan dan tidak membebani siswa peserta didik apabila seorang guru mampu menciptakan dan menggunakan suatu alat yang dapat membantu menyampaikan para pesan dari materi yang diajarkan titik karena alat yang alat atau media yang umum mempunyai kegunaannya yaitu :

a.       Memperjelas agar tidak terlalu verbalisme.

b.      Mengatasi keterbatasan ruang waktu tenaga dan daya Indra.

c.       Menimbulkan gairah belajar dan interaktif lebih langsung antara murid dengan sumber belajar.

d.      Memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual audio, dan kinestetikanya

No comments:

Post a Comment

FUNGSI DAN KEGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN/ MEDIA PENDIDIKAN SAINS

  Fungsi dan Kegunaan media pembelajaran   Dua unsur yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar yaitu metode dan media. kedua h...